24 Desember 2013

perkembangan manusia purba di indonesia


PERKEMBANGAN JENIS MANUSIA PURBA DI INDONESIA.


Perkembangan jenis manusia purba di Indonesia ditentukan dari penemuan para ahli palaeoantropologi di Indonesia, Jenis manusia purba yang ditemukan di Indonesia meliputi :

Meganthropus

Jenis manusia purba ini ditemukan oleh Van Koenigswalds eorang ahli paleoantropologi dari Belanda di desa Sangiran, lembah Bengawan Solo. Fosil ini karena ukurannya sangat besar maka dinamakan Meganthropus Palaeojavanicus ( manusia raksasa dari Jawa) dan jenis ini dianggap manusia praaksara paling tua yang hidup diperkirakan 1 juta- 2 juta tahun yang lalu.

Pithecanthropus ( Manusiakera)

Jenis ini merupakan fosil manusia purba  yang paling banyak ditemukan di Indonesia. Sisa-sisa kehidupan manusia purba ini banyak ditemukan di Mojokerto, Kedung brutus, Trinil, Sangiran, Sambung macan dan Ngandong. Jenis manusia ini memiliki tubuh tegap dengan tinggi badan antara 165-180 Cm, dengan volume otak 750-1300cc. mereka diperkirakan hidup antara 2,5 Jt-200 ribu tahun yang lalu.

- JenisPithecanthropus yang di temukan di Indonesia yaitu:

Pithecanthropus Mojokertensis (ManusiakeradariMojokerto)

Jenis manusia purba ini merupakan jenis manusia pithecanthropus tertua di Indonesia yang hidup sekitar 2,5 – 1,5 jt tahun yang lalu.

Pithecanthropus Erectus / Homo Erectus (Manusia purba yang berjalant egak)

Jenis manusia purba ini merupakan manusia purba yang persebarannya paling luas, pada tahun 1890 Eugene  Oebois menemukan di kedung brubus, trinil dan ngawi .  Pithecanthropus Erectus atau Homo Erectus di percaya para ahli berasal dari afrika yang berimigrasi pada masa pleistosen 1 sekitar 2 juta tahun yang lalu, dan diperkirakan jenis manusia ini telah memiliki intelegensia yang tinggi, dimana mereka sudah mampu menggunakan api .

Homo Sapiens

Setelah manusia purba mengalami proses evolusi selama ribuan tahun, muncul manusia jenis homo sapiens (manusia cerdas). Disebut cerdas karena mampu menbuat peralatan sederhana dari batu maupun tulang yang digunakan untuk berburu dan mengolah makanan. Homo sapiens sudah menggunakan akal dan memiliki sifat seperti manusia sekarang, hidup mereka sederhana, hidup mengembara (nomaden) dan merupakan jenis manusia purba yang tangguh dalam beradaptasi dengan lingkungan

Jenis Homo sapiens yang ditemukan di Indonesia yaitu:

Homo Wajakensis

Jenis manusia purba ini ditemukan di lembah sungai Brantas, Wajak dan Tulung Agung. Mereka hidup diperkirakan 40- 25 rb tahun yang lalu. Jenis manusia ini sudah mengenal upacara penguburan.

Homo Soloensis

Fosil jenis ini pertama kali ditemukan oleh van Koenigswald di daerah Ngandong tepi Bengawan Solo, jenis manusia ini sudah bisa berdiri dan berjalan sempurna, diperkirakan mereka hidup antara 900-200 rb tahun yang lalu.

Homo Floresiensis


Jenis manusia ini ditemukan oleh ilmuan  Australia dan indonesia di gua LiongBua, Flores. Jenis ini bertubuh mungil seperti hobbit. Menurut ilmuan yang menemukan fosil tersebut di perkirakan mereka hidup sekitar 1 juta tahun yang lalu.

Geen opmerkings nie: